Wednesday 2 December 2015

10 Prosedur Memandikan Bayi

cara memandikan bayi

Memandikan bayi adalah kegiatan yang penting dalam rutinitas harian, baik bagi ibu maupunanal. Momen ini harus dijadikan suatu kesempatan yang menyenangkan dengan segala kerepotan yang minim. Saran yang berikut ini dimaksudkan untuk menyerderhanakan prosedur, pada saat yang sama , kedua pihakndapat memadu kasih sayang, dan suatu momen yang menggembirakan. Prosedur tersebut diantaranya :


  1. mandikannlah bayi itu dalam kamarnya, didapur atau kamar mandi.
  2.  Tempatkanlah baskom diatas meja atau diatas bak cuci piring , jadi sang ibu tidak bertekuk di lantaikamar mandi sementara menjaga jangan sampai tenggelam dalam bak mandi orang dewasa
  3.  Isilah baskom itu dengan air hangat sehangat yang dirasakan ibu dengan sikunya , atau sehangat yang diinginkan oleh orang dewasa.
  4.  Ruangan yang mempunyai suhu 21 C .
  5.  Bukalah pakaian bayi itu dengan cepat dan segera tempatkan dia dalam air hangat.
  6.  Peganglah kepala dan bahu bayi dengan sebelah tangan , sedangkan yang lain membasuh         tubuhnya, secara menyeluruh tetapi dengan hati-hati. Pakailah sabun mandi bayi.
  7. Jangan gunakan saputangan kecil untuk memberdihkan kuping,hidung, dan matanya . Ini akan membahayakan.
  8. Setelah memindahkan bayi dari bak mandi, selimutilah dia dengan longgar dengan handuk kemudian letakkanlah bayi yang terbungkus itu diatas selimut sementaram sang ibu mengeringkan tubuhnya dengan hati-hati,
  9. Pakailah minyak gosok pada tempat-tempat yang terkelupas kulitnya . Bila perlu pakaialah bedak yang tidak berbau .
  10.  Kenakan pakaian kepada bayi dengan cepat sementara terbaring dalam lipatan selimut.
 Gangguan  terhadap kilit bayi biasanya dapat terhindarkan dengan kebersihan yang tetap, sering menaruh bedak atau minyak dan menghindarkan pengeluaran keringat yang terlalu banyak karena pakaian yang berlapis-lapis dan selimut yang tebal. Itulah cara praktis dan prosedur standar dalam perawatan memandikan bayi.


 Modern Medical Guide oleh Harold Shryock,M.D





No comments:

Post a Comment