Wednesday 2 December 2015

Racun Sianida Perawatan dan Pertolongannya



SIANIDA (CYANIDE)
Larutan Zat kimia seperti Sianida biasanya terdapat pada bahan seperti penggosok logam perak, seperti racun tikus dan racun hama. Racun ini sangatlah berbahaya walaupun dengan jumlah yang sangat sedikit  tapi bisa terjadi keracunan . Racun Sianida bekerja dengan merusak jaringan sel-sel darah merah. Racun sianida racun yang paling cepat mematikan dari semua racun jenis racun. Sangat sedikit yang bisa bertahan hidup kalau saja diminum atau terminum secara tidak sengaja maupun tidak. Keracunan dapat terjadi setelah menelan bahan yang mengandung Sianida , menghirup uapnya,  kalau terkena kulit atau luka kecil.
Dalam Dosis yang cukup tinggi, racun bekerja dengan cepat , karena dapat melumpuhkan pernafasan . Dengan dosis yang kecilpun maka akan kesulitan untuk bernafas. pikiran menjadi kacau, disertai muntah dan mencret. Dan si korban akan menggelepar.

APA YANG HARUS DILAKUKAN ?
Ambil tindakan dengan cepat . memberikan rangsangan untuk muntah dengan cara-cara memasukkan jari-jari ke dalam kerongkongannya. Kalau ada obat berilah obat (penghilang rasa nyeri pada jantung) pecahkanlah ampulnya itu diatas sehelai saputangan, dan biarkanlah pasien itu menghirup uapnya selama 15 menit sampai 30 detik. Ulangi hal itu setelah dua menit . Untuk mengobati yang keracunan Sianida, dapat disuntikan larutan sodium thiosulfat ke dalam pembuluh nadi balik. Tetapi ini sangat jarang sekali ada kesempatan untuk melakukannya karena sempitnya waktu. Kalau racun Sianidanya dalam jumlah yang sangat kecil , maka obatilah seperti menolong yang mendapat shock , nerikan zat asam murni kalau mungkin dan ada.  itulah cara perawatan dan pertolongan yang dapat dilakukan di saat darurat, berhati-hatilah dalam setiap aktifitas semoga bermanfaat.  

sumber : Modern Medical Guide oleh Harold Shryock,M.D



4 comments:

  1. Sampai sekarang racun sianida masih jadi favorit para kriminal dalam melancarkan aksinya. Sebaiknya jika kita jadi korban harus tau semua cara penanggulangan ini http://bit.ly/1RAOaJl

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas kunjungannya, kita mesti mewasdai dari aksi aksi kejahatan baru yang mungkin akan sulit terungkap, tetapi dengan sedikit bekal mengetahui berbagai racun dan cara penanggulangannya sedikitnya kita menjaga diri kita dan keluarga utk lebih berhati-hati.

    ReplyDelete